Beberapa Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Paling Jitu

https://don16obqbay2c.cloudfront.net/wp-content/uploads/How-to-Write-Product-Descriptions-That-Sell-1597401154.png

Seringkali para pelaku bisnis online kebingungan dalam membuat supaya produk yang mereka pajang di sosial media maupun market place tidak dijangkau oleh audiens mereka. Ada juga yang membuat konten di sosial media terkesan membuat audiens bosan hingga menyebabkan mereka susah buat closing penjualannya. Bahkan kontennya juga terkadang terlihat bertele-tele tidak to the point. Maka dari itu perlu bagi pelaku bisnis online untuk memahami cara deskripsi produk yang baik.

Deskripsi produk adalah informasi yang menjelaskan produk Anda, baik berupa spesifikasi produk, kelebihan, cara penggunaan dan lain sebagainya. Bagi pelaku bisnis online, penggunaan deskripsi produk pada sosial media mereka dapat memberikan gambaran yang spesifik dari apa yang akan mereka jual. Selain itu dari sisi audiens, pada saat mereka melihat deskripsi produk dapat memudahkan mereka memutuskan apakah produk yang ditawarkan itu bermanfaat baginya. Jika penulisan deskripsi produk tidak cukup baik akan menyusahkan dan berikut langkah-langkah yang tepat untuk menulis deskripsi produk.

1. Mengenal target market

Photo by Pixabay on Pexels.com

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum menulis deskripsi produk pada konten sosial media bisnis anda adalah terlebih dahulu mengenal siapa yang akan menjadi target market/konsumen anda. Dengan cara ini maka potensi anda untuk bisa mengenal dan memahami terlebih dahulu karakter konsumen dengan memahami interest mereka terhadap konten sosial media produk yang anda tawarkan juga persoalannya, maka kita bisa memahami apa produk apa yang sedang mereka butuhkan untuk menyelesaikan persoalan mereka tersebut. Hal itu tidak hanya sebatas mengenal kepribadian target konsumen, melainkan juga sebagai cara untuk membangun komunikasi agar konsumen menjadi lebih intens untuk mengunjungi sosial media anda. Maka dari itu, gaya bahasa yang digunakan harus sesuai dengan karakter dari konsumen anda,misalnya umur ,jenis kelamin dan selera humor atau bahkan membangun brand image tersendiri dibenak konsumen .

2. Manfaat dan fitur produk jadi kunci

Photo by RF._.studio on Pexels.com

Banyak penjual di sosial media hanya terfokus pada pada penjelasan fitur daripada manfaat produk yang mereka tawarkan. Padahal manfaat dan fitur produk itu adalah kunci untuk mendapatkan potensi market yang sebesar-besarnya dan merupakan juga dua hal yang berbeda. Jadi, apa bedanya fitur dan manfaat? Fitur merupakan segala sesuatu yangdimilki pada produk. Sedangkan manfaat adalah sesuatu yang diperoleh konsumen ketika menggunakan produk anda.

3. Emosional dan natural

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Agar terlihat lebih berkesan dalam membuat deskripsi produk anda melalui sosial media, anda dapat memberikan sentuhan emosional untuk menjadikannya lebih terkesan, misalnya melalui story telling, misalnya bagaimana perjuangan tim produksi sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas. Anda juga bisa menggunakan kalimat yang lebih puitis atau dengan menggunakan bahasa sehari-hari untuk konten anda sehingga bisa menggugah hati konsumen agar membeli produk anda. Dengan cara ini maka akan jauh lebih mudah untuk bisa terhubung dengan audiens secara emosional juga lebih mudah meraih simpati para pembeli daripada hanya menyebutkan fitur dan spesifikasi.

4. Mudah di skimming juga ada SEO

Photo by Tobias Dziuba on Pexels.com

Pastikan teks copy yang anda buat untuk deskripsi produk terlihat efektif, karena kebanyakan dari para pembeli/audiens hanya membaca informasi yang mereka butuhkan atau hanya menskimming. Selain itu teks copy yang dibuat terdapat SEO untuk mempermudah para pembeli menemukan produk anda lebih mudah pada mesin pencarian, marketplace ataupun sosial media.

Jika anda kesusahan untuk membuat sebuah deskripsi produk yang mampu menarik hati konsumen dapat menghubungi Krismada Creation untuk membantu anda memaksimalkan deskripsi produk anda terlebih untuk sosial media.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: